Konten dan Backlink Berkualitas Pondasi Utama Blog

Konten dan Backlink Berkualitas Pondasi Utama Blog

konten backlink berkualitas
Link Building Memang Berpengaruh Tapi Konten Tetap Menjadi Raja, Content is the king! 

SISTEM Link building itu dengan mendapatkan tautan balik --backlink-- dari web atau blog lain menuju ke situs kita.

Postingan atau artikel yang menempati posisi teratas tentu berpotensi mendatangkan banyak pengunjung, tak perlu terlalu muluk-muluk, bisa dapat page one atau halaman pertama di Google Search Engine aja udah cukup. Simak juga Blog Loading Cepat Disukai Pembaca.

Nah supaya bisa dapat posisi strategis di hasil pencarian, maka sebuah website atau blog perlu yang namanya optimasi dan tentu saja link building berupa backlink.

Banyak yang mengatakan backlink adalah faktor utama meningkatkan kualitas Search Engine Optimization (SEO) pada sebuah situs, padahal nggak demikian.

Kembali lagi pada tujuan blog, dibangun untuk mendapatkan backlink atau berbagi? Kibe yakin konten berkualitas masih faktor utama. Karena pembaca blog bukan mesin atau robot Google, mereka pasti butuh informasi yang dicari. Maka, content is still the king!

Tapi yang namanya SEO, backlink memang jadi salah satu peran penting. Mendapatkan backlink nggak gampang, dalam hal ini yang berkualitas dan natural atau murni, bukan spam.

Nggak seperti empat tahun lalu, sekarang baik Google atau mesin pencari lainnya lebih selektif lagi dalam hal link building.

Apalagi dengan di-updatenya algoritma Google Panda, wah kita jadi harus lebih hati-hati dalam membangun link membacklink. Tentu nggak semua back link itu bagus buat website.

Mendapatkannya bukan dengan cara sembarangan, kalau seperti itu tidak akan ada hasil positifnya buat website. Yang ada malah dianggap spam sama Google.

backlink traffic effect

Dalam gambar diatas menunjukkan adanya penurunan traffic yang cukup drastis, penyebabnya? Ya backlink!

Sebuah web atau blog terkena penalty dari Google, sehingga seluruh artikel akan dilenyapkan dari mesin pencari atau yang biasa disebut dengan Google Sandbox.

Itu salah satu faktor dari banyaknya hal negatif tentang backlink tidak berkualitas atau yang dibangun asal-asalan dan berlebihan.

Namun lebih disayangkan lagi teknik-teknik yang dipraktekan di media blog lain, forum, atau bahkan jasa SEO saat ini terlalu over, sehingga berdampak buruknya buat blog ke-depannya.

Atau dalam istilah teknik black hat. 

Google Lebih Ketat Seleksi Link 

Seperti yang dikatakan tadi, Google sekarang lebih ketat dalam hal backlink, tidak seperti dulu. Akibatnya, banyak dari mereka yang mengguanakan teknik lama tersebut sampai penyedia jasa SEO pun melakukannya. 

Teknik mendapatkan backlink beribu-ribu sekaligus dulu mungkin bisa, sekarang tidak. 

Hindari membangun link dengan cara berikut: 
  1. Redirect 301 
  2. Guest Blog berlebihan dalam waktu singkat 
  3. Instant Backlink ribuan. 
  4. Spam di forum, komentar, dan website lain. 
  5. Private blog net work. 
Tidak harus memahami istilah diatas, saat kita ngerti nanti juga jadi paham bahwa cara-car tersebut memang terkenal dengan black hat. Simak kutipan Matt Cutts berikut ini.

"If the major strategies of link building you are writing a comment on many websites to the straight, that most of the links which you have just a comment, and no one else who really give a link to you, then one day it could be categorized as crafty's strategy." 

Membangun Backlink dengan Natural dan Berkualitas 

Backlink natural dalam artian memang link yang menuju ke website kita secara sukarela, dan cuma-cuma dipasang di blog lain oleh sang pemilik, bukan dengan spam otomatis ribuan seperti yang tersebar dimana-mana saat ini. 

Berkualitas berarti dari website yang domain authority nya memiliki nilai yang baik dan tentu saja aktif. 

Singkatnya begini deh 
  1. Kita bikin blog atau web, punya konten berkualitas. 
  2. Kita kasih tahu konten terbaik di blog kita pada orang lain. 
  3. Kemudian mereka tertarik dan terkesan, lalu konten kita direkomendasikan ke pembaca websitenya dengan link aktif di postingan. 
Bangun link building murni itu susah? Jelas, nggak bakal ada cara instan. Yang perlu diingat, satu backlink natural dan berkualitas lebih baik di mata Google ketimbang 1000 back link hasil auto submit yang tidak direkomendasikan.

Konten Berkualitas 

Definisi konten yang berkualitas dan berkelas itu nggak rumit, cukup asli ketikan sendiri, bukan copas itu udah cukup. 

Yang perlu diperhatikan, kita menulis konten untuk pembaca / pengunjung / pengguna yang mencari informasi yang dibutuhkan. Bukan ditujukan buat mesin pencari. 

Google sendiri kok yang menyarankan, menulislah apa adanya, dengan hati, natural dan murni. 

"Jangan membuat tipuan untuk pengunjung situs Anda. Hindari optimasi berlebihan yang bertujuan untuk meningkatkan posisi di mesin pencari." tuh kata Google. 

Mereka justru memberi saran agar konten yang dibuat orisinil/original, berguna, dan informatif. Pada intinya tiga poin berikut bisa dipertimbangkan

  1. Blog yang berkualitas itu kontennya informatif dan dipahami pembaca. 
  2. Konten berkualitas itu bukan hasil copas, atau menyalin tulisan orang lain. 
  3. Judul, deskripsi, dan isi konten harus relevan. 
Nggak susah bikin konten berkualitas, asalkan sesuai passion di bidangnya masing-masing pasti bakal lebih mudah. Good Luck! (http://www.kibezine.com).*

Konten dan Backlink Berkualitas Pondasi Utama Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar