Kiat Jadi Pemain dan Tim Futsal Hebat dari Pep Guardiola

Kiat Jadi Pemain dan Tim Futsal Hebat dari Pep Guardiola

SEBAGAI penggemar olahraga futsal, pemain harus memiliki metode latihan yang terstruktur dan terjaga waktu penerapannya. Namun, banyaknya pemula yang kebingungan sehingga sulit mengatur mana yang terlebih dahulu dilakukan.

Manajer klub Manchester City, Pep Guardiola memberikan kiat-kiat yang bisa kita praktikan dan memungkinkan pemain futsal meningkatkan kemampuannya. Beberapa tipsnya antara lain:

  1. Pemilihan Posisi yang Benar 
  2. Formasi Tepat 
  3. Penerapan Strategi Pemain 
  4. Taktik Serangan Balik 
  5. Tinggalkan Ego. 

Pemilihan Posisi yang Benar untuk Pemain Futsal

Pemain futsal harus mengetahui karakter dirinya. Dan mencari posisi yang tepat untuk diri sendiri adalah faktor penting kata Pep Guardiola. Pep sendiri dikenal pelatih yang jenius dalam mengubah posisi beberapa pemain yang pernah dilatihnya seperti Philip Lahm, Javi Martinez dan lainnya, baca Tingkatkan Skill Reflek Kiper Futsal.

Kalau belum yakin pada posisi sendiri dan rekan setimnya, kita harus memulai dari awal dengan menilik kepribadian dan karakter para pemain pada tim. Misalnya, orang yang pribadinya malu-malu dan sering menyendiri, kata Pep cocok main di posisi penyerang karena lebih efektif.

Sementara itu, orang yang suka berkumpul, bergaul ramai-ramai lebih tepat menempati posisi tengah. Dan mereka yang jail dan cukup agresif dalam hal mengambil milik orang lain pantas ditempatkan sebagai pemain bertahan.


"Ketika Anda main di posisi yang nyaman dan pas, kualitas dan bakat alami pun akan ikut meningkat dengan signifikan. Anda akan merasa tenang dan lebih baik di posisi tepat untuk Anda sehingga menguntungkan tim."

Lebih lanjut berbicara formasi, jika sudah memahami seluruh karakter pemain dan mencocokan posisi mereka bermain, langkah selanjutnya menentukan suatu formasi ideal yang menjadi hal mendasar bagi setiap tim.

Formasi Tepat 1-2-1 

Pergerakan posisi statis atau berpindah-pindah adalah kesukaan mayoritas pemain futsal. Di dalam futsal, yang formasinya hanya mengandalkan lima orang pemain termasuk kiper kita tetap bisa mengatur formasi sesuai pilihan dan dengan menyesuaikan karakter pemain.

Kata Pep, kita bisa memainkan dua pemain bertahan, satu orang pemain tengah dan satu penyerang pivot atau target-man. Tim juga bisa bermain andalkan satu penyerang disertai tiga orang bek. Tapi Pep berikan saran agar gunakan formasi yang bisa membuat pemain belakang dan depan menjadi padu.

taktik futsal
Taktik Futsal
Maka dari itu Pep merekomendasikan formasi 1-2-1. Dua pemain tengah, satu bertahan dan seorang penyerang. Dua midfielder itu bisa diandalkan offensive full-back. Maksudnya, dua pemain itu bisa turun membantu pertahanan dan dengan cepat juga harus merespon ketika membuka serangan.

Di Bayern sendiri Pep menerapkan formasi 4-1-4-1, yang memungkinkan pemain lebih kuat dalam bertahan dan garang ketika melakukan serangan. Baca juga Meningkatkan Teknik dan Taktik Futsal

Penerapan Strategi Pemain, Bek dan Kiper 

Pep membeberkan strategi yang kuat untuk tim futsal adalah dari belakang, pemain bertahan dianggap pondasinya. Yang pertama posisi penjaga gawang, kiper harus benar-benar bertipikal percaya diri ketika mengawal gawangnya.

Seringkali ketika bermain futsal, kiper dianggap sebagai posisi yang 'tersisa', sehingga memungkinkan pergantian kiper dalam rentan waktu singkat. Pep menganggapnya ini adalah taktik yang tidak bagus.

Sementara di depan posisi kiper, pemain bertahan yang berkualitas baik adalah faktor penting. Pemain yang berani dalam hal tekel dan block tendangan lawan serta harus tepat ketika menguasai bola bertujuan mencoba serangan langsung dari bek.

"Bek pada futsal harus berkualitas seperti quarter-back pada olahraga rugby. Ketika Anda punya quarter-back yang bagus maka akan dengan mudah memahami kualitas tim." 

Taktik Serangan Balik pada Futsal

Unik dalam hal ini, Pep yang dikenal memiliki taktik dan strategi penguasaan bola justru membeberkan bahwa pada futsal teknik serangan balik adalah yang terbaik untuk mengetahui lebihnya silakan Formasi Futsal Pilihan Agar Mudah Menang

Memang terbukti dengan banyaknya gol yang tercipta melalui strategi counter-attack, atau serangan balik. Bisa dilihat pada pertandingan futsal profesional. Operan cepat, penempatan posisi pemain adalah kunci utama. Jika terlalu lama menguasai bola akan lebih sulit membuka ruang ketika mencoba menyerang. 

Hal efektif saat lakukan operan atau fast passing dari belakang, ini bisa membuat pemain lawan terengah dan konsentrasi lawan mendadak hilang. Taktik ini juga membuat sepakbola 11 menghibur, kata Pep. 

Bertahan di belakang bisa membuat pemain tim lawan kehilangan fokus dan membuat bentuk permainan mereka berantakan. Hal itu bikin lawan mencoba membuka ruang sambil melakukan percobaan serangan. Kalau mereka kesulitan bakal membuat lawan frustasi. Dan disinilah kesempatan untuk tim kita lakukan serangan fast passing break dengan catatan harus dilakukan dengan baik.  

Tinggalkan Ego Saat Bermain Futsal 

Meskipun banyak yang berbeda antara sepakbola dan futsal, tapi tujuan tetap sama; Mencetak gol dapat memenangkan suatu pertandingan. Inilah alasan mengapa pemain depan harus spesial, serta harus menyingkirkan egoisme. 

Pep menambahkan, ego harus disingkirkan dari dalam diri seorang pemain apalagi yang berposisi sebagai striker. Pemain depan harus bisa turun dan cetak gol. Striker harus bisa belakangi gawang dan berikan kesempatan pada defender agar dapat peluang mencetak gol. 

Juga saat menyerang, jangan lupakan pertahanan. Banyak pemain dari tim yang teledor, karena dalam futsal perubahan taktik, strategi, formasi bisa berubah dalam rentan waktu yang singkat dan cepat. 

Seluruh pemain dalam tim harus selalu tanggap dalam kondisi apapun. Bermain menyerang sebagai sebuah tim berkelas dan tempatkan satu pemain untuk bertahan. Ketika lakukan pertahanan juga tidak mesti ditempati oleh bek, jadi siapapun bisa, pada intinya main aman saja. 

**

Sebagai Penutup.. 
Semua tim suka kemenangan, tapi kekalahan jangan dijadikan akhir dari segala-galanya. Maka, nikmatilah ketika bermain futsal, jadilah pemain yang hebat, percaya diri. Dan terlepas dari semua itu, sepakbola dan futsal adalah olahraga yang menghibur. 

Kiat Jadi Pemain dan Tim Futsal Hebat dari Pep Guardiola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar