Meningkatkan Skill Reflek Pemain Futsal di Posisi Kiper

Meningkatkan Skill Reflek Pemain Futsal di Posisi Kiper

REFLEK yang bagus dan cepat adalah dambaan setiap penjaga gawang alias kiper. Apalagi bagi seorang pemain futsal, yang notabene permainannya lebih cepat daripada sepakbola biasa. Disinilah reflek dan insting kiper mesti dilatih lebih baik lagi.

Nah disini Kibe bakal berbagi pengalaman bagaimana caranya meningkatkan reflek pada saat menjadi kiper futsal. Yang dimaksud reflek dalam pembahasan kali ini bisa disebut juga sebagai reaksi otomatis.

goalkeeper reflect
Reflek Kiper Futsal

Sebenarnya bukan reflek, atau istilah yang lebih dikenal pada kiper futsal maupun sepakbola. Reflek reaksi gerak cepat arah berlawanan pada tubuh secara konstan dan tanpa kita kendalikan. Misal tangan kita terkena gigitan semut merah tiba-tiba lalu tangan reflek menepuk dan menggaruk nah itu reflek.

Kalau reaksi otomatisasi yang biasa dilakukan penjaga gawang pemain futsal atau sepakbola itu baru bisa dilatih demi meningkatkan daya reflek. Kiper-kiper terkenal seperti de Gea, Buffon dan lainnya berlatih dalam beberapa metode diantaranya:
  1. Speed Blocking Reaction, reaksi menepis bola dengan cepat. 
  2. Teknik Keseimbangan 
  3. Goalkeeping Skill 
  4. Penguasaan Gawang. 
  5. Teknik Lempar Lembing 

Latihan Speed Blocking Reaction Kiper Futsal 

Reaksi cepat menepis atau mem-blok datangnya bola ke arah gawang yang kita jaga adalah teknik dasar yang biasa dilakukan kiper manapun. Metode ini biasa diterapkan dari paling mudah, yakni menggunakan bola tenis atau bola yang kecil sejenisnya.  

Contoh dari metodenya sebagai berikut: Kiper berbalik badan menghadap ke gawang, dan pelatih berikan kode atau aba-aba untuk balik badan secara cepat bola tenis dilemparkan ke arah kita dengan speed, beruntun dan lebih dari satu. Tugas kiper menepis semua bola yang mengarah ke gawang. 

Teknik Keseimbangan  

Termasuk ke dalam salah satu latihan dasar yang cukup mudah. Dengan cara, kiper berdiri dengan satu kaki. Dilakukan rutin secara terus menerus hingga terbiasa. Itu adalah contoh teknik dasar. Tingkat kesulitan akan naik dengan tumpuan satu kaki sembari menepis bola. 

Goalkeeping Skill 

Metode goalkeeping dilakukan dengan teknik memantulkan bola ke arah tembok atau dinding dan menangkapnya. Latihan ini bisa bertahap, mulai dari menggunakan bola yang lebih kecil atau bola futsal biasa. Bisa juga dilakukan dengan bantuan pemain lain yang melemparkan bola ke dindingg dan kita menepis atau menangkapnya. 

Penguasaan Gawang 

Stand By atau menetap dan menguasai gawang adalah metode latihan buat meningkatkan skill reflek kiper futsal selanjutnya. Teknik ini dilakukan dengan cara penjaga gawang dalam posisi L atau X. 

kiper futsal
Posisi X Kiper Futsal

Posisi L: Bermaksud satu kaki tekuk menumpu ke lutut dan bentuk huruf L. Dan kaki yang lain menekuk sesuaikan diri. 

Posisi X: Dinamakan posisi X karna dua kaki ditekuk dan membentuk huruf X dan dua tangan diarahkan ke depan. Untuk mengantisipasi bola atas dari lawan, maka posisi badan turun naik sembari tangan diarahkan ke lutut. 

Metode Latihan Lemparan Lembing Kiper Futsal

Caranya cukup dengan menentukan target menggunakan arah bahuu. Kemudian bola diletakkan pada telapak tangan samping kepala dan jari-jari lampaui bola bermaksud untuk menahan supaya lebih naik. Melangkah dan menuju bola target diiringi kaki yang lawan arah juga gerakan tangan yang melempar. Dan perlahan lemparlah bola ke lapangan seperti melempar lembing juga posisi kepala tetap tegap.

Tips lain yang mungkin bisa dicoba berlatih meningkatkan skill reflek kiper futsal seperti peregangan otot pada kaki hingga gerakan sit up sambil menangkap bola dan melemparkan balik secara berulang. Metode latihan diatas bisa dilakukan secara rutin.

Meningkatkan Skill Reflek Pemain Futsal di Posisi Kiper Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar