Nominal dan Sumber Penghasilan Situs Berita Online

Nominal dan Sumber Penghasilan Situs Berita Online

adsense site
Situs Berita Online Ternama Juga Memiliki Sumber Pendapatan atau Penghasilan onlinenya dari Google AdSense. 

DARI mana sumber penghasilan utama situs-situs berita? Jawabannya, sama seperti Blogger; dari iklan Google Adsense.

Situs berita online (news portal) terkenal seperti Kompas, Detikcom, Republika, Okezone, VIVA Group dan lainnya mengandalkan iklan dari google.

Sumber pendapatannya memang sama, tapi yang jelas portal berita menghasilkan jauh lebih banyak nominal ketimbang blogger. Maklum, mereka adalah situs berita ternama yang memproduksi "News Content" setiap hari 24 jam dengan berbagai topik, pengunjungnya juga mencapai ratusan ribu per hari.

Terlebih, mereka adalah media profesional yang juga dipayungi badan hukum seperti lembaga pers dan mempekerjakan karyawan seperti jurnalis, redaksi, editor, desainer, dan lainnya sesuai keahlian di bidangnya secara profesional. Dan tentu saja, hostingan mereka berbayar.

Kibe ketemu thread di forum Bersosial, berupa data-data penghasilan dari situs berita populer serta kutipan dari salah satu pengurus lembaga Aliansi Jurnalis Independen (A.J.I), Heru Margianto & Asep Syaifullah: "Bagaimana situs berita memperoleh pendapatan?" Jawabannya: Iklan.

Trafik itu aktivitas dalam halaman website yang dihasilkan dari pengguna internet, trafik jadi faktor utama kesuksesan media berita serta blog dalam mengumpulkan pundi-pundi dolaran dari Google melalui Adsense dengan kita sebagai mitra publishernya.

Semakin bertambah banyak suatu website dikunjungi dan aktivitas yang dilakukan pengunjung situs di halaman web maka makin tinggi pula trafiknya, atau pada blog terkenal dengan istilah 'Pageviews'.

Traffic dalam sebuah website atau blog seperti rating penonton di televisi, pendengar untuk stasiun radio dan oplah pada sebuah media cetak.

5 Website di Indonesia dengan Penghasilan Adsense Terbesar 

Banyak data mengenai situs-situs dengan pendapatan yang cukup besar di Indonesia. Data-data ini diambil dari salah satu thread di forum Bersosial:
  1. Kaskus Indonesia - pendapatan dari Iklan Google: US$13.500 
  2. Detikcom - penghasilannya sekitar US$6.200 
  3. VIVA Group - pendapatann Adsensenya kisaran US$4.500 
  4. Kompas Media - mencapai US$4000 
  5. Okezone - peroleh US$2.900 dari Adsense. 
Apakah cara kerja Google Adsense membayar itu per klik? Tidak juga, ada sistem CPM (Cost Per Million) atau per 1000 tayang --pageviews ya bukan pengunjung-- itu menghasilkan lebih dari 100 dolar. 

Sedangkan di kategori global setidaknya ada lima situs web yang berpenghasilan tinggi dari Adsense hingga mencapai belasan bahkan puluhan ribu US dolar per bulannya, dilansir dari laman Top Tech Live diantaranya: 
  1. Mashable - http://mashable.com 
  2. Digg - http://digg.com 
  3. Tech Crunch - http://www.techcrunch.com 
  4. Ehow - http://ehow.com 
  5. Pof - http://www.pof.com

Cukup jelas bahwa situs berita juga sama penghasilannya seperti para blogger profesional, dari Iklan dan Google Adsense. Tapi tentu situs profesional juga punya pendapatan lain seperti iklan banner lokal, konten yang berbayar dan lainnya yang membuat nominal mereka jauh lebih besar ketimbang blogger. (http://www.kibezine.com).*

Nominal dan Sumber Penghasilan Situs Berita Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar