3 Peraturan Dasar Futsal Terbaru di Indonesia

3 Peraturan Dasar Futsal Terbaru di Indonesia

FUTSAL memang cabang olahraga sejenis sepakbola. Namun peraturan yang dibuat oleh FIFA antara keduanya jelas berbeda. Aturan pada futsal sama bergunanya seperti olahraga lain, bertujuan supaya pertandingan berjalan adil atau fair-play. 

Lebih dari itu, peraturan juga dapat dijadikan sebagai pedoman mulai dari Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan, wasit, penonton, pemain semua yang terlibat dalam futsal. Aturan futsal pada FIFA dinamakan "Futsal Law of The Game" yang juga diterapkan di Indonesia.

peraturan futsal


Tidak harus pertandingan resmi, ketika kita bermain futsal juga disarankan terbiasa dengan peraturan dasar yang sudah ada. Misalnya, saat bola keluar garis lapangan di futsal tidak ada istilah throw-in atau lemparan ke dalam, yang ada hanya kick-in, tendangan ke dalam lapangan, dilakukan dengan secepat mungkin.

Beberapa peraturan FUTSAL yang terbaru atau diperbaharui dari FIFA dan diterapkan di Tanah Air:
  1. Lapangan Futsal 
  2. Ukuran Bola 
  3. Perlengkapan Pemain Futsal 
Sekiranya, tiga peraturan dasar itu lebih baik dipahami oleh seluruh pecinta olahraga Futsal. Baca Tips Bermain Futsal dari Pep Guardiola

Lapangan Futsal 

Permukaan lapangan yang digunakan untuk pertandingan futsal harus datar, mulus dan tidak bergelombamg, dalam aturan tidak boleh menggunakan beton atau besi dan aspal disarankan pakai kayu. Dalam kompetisi profesional dan kategori domestik, lapangan futsal harus menggunakan rumput jenis sintetis. 

Ukuran lapangan futsal. 
  1. Panjangnya minimal 25mm dan maksimal 45mm. 
  2. Sedangkan lebar minimum 16mm, maksimum 25mm. 
Ini harus diperhatikan ukuran lapngan pada pertandingan atau turnamen futsal pro harus sesuai dengan aturan FIFA. Selain itu, tanda lapangan yang mana diwajibkan persegi empat dan ditandai garis dengan istilahnya tersendiri. Warna pembatas harus terang dan mudah dibedakan dengan warna rumput lapangan. 

Daerah penalti untuk lapangan futsal harus memenuhi standar kualitas FIFA, lingkaran sekitar berukuran enam meter, tiang gawang beserta ukuran garis busur pada corner-kick atau tendangan sudut harus 25cm. 

Bola Futsal 

Menjadi perhatian sendiri dalam menentukan ukuran bola dalam peraturan dasar olahraga futsal. Yang jelas bentuknya harus bulat dan diutamakan terbuat dari kulit atau bahan sejenis yang memang disetujui sesuai aturan. 
  1. Lingkaran Bola Tidak boleh lebih dari 64cm serta tidak kurang dari 62cm. 
  2. Selama pertandingan berlangsung bola bisa diganti tanpa seizin wasit. 
Bola yang rusak atau pecah ketika pertandingan masih berlangsung maka harus dihentikan untuk sementara waktu. Permainan dimulai lagi ketika bola baru sudah tersedia dengan menjatuhkan bola --drop ball-- di tempat saat bola sebelumnya rusak. 

Logo yang terdapat pada bola futsal di pertandingan resmi yang digelar oleh FIFA: 
  • Logo FIFA Approved 
  • FIFA Inspected 
  • dan International Matchball Standard 
Bola yang digunakan pada turnamen resmi FIFA tentu sudah diuji coba dengan lakukan sistem spesifikasi khusus, ada perbedaan pada setiap logo bola dengan ketentuan yang berlaku, dapat ditambahkan dengan brand atau produk sponsor tertentu dan pastinya harus lolos tes standar bola futsal. 

Perlengkapan Pemain Futsal 

Dalam peraturan FIFA, seluruh pemain futsal diharuskan menggunakan perlengkapan dasar apalagi ketika mengikuti turnamen resmi. Jika tidak dikenakan, sanksi akan diberikan kepada pemain yang bersangkutan. Pastinya, seluruh pemain tidak boleh kenakan aksesoris tidak berhubungan dengan futsal. 

Kelengkapan utama pemain futsal ketika akan bertanding mesti diperhatikan, simak beberapa hal berikut ini:
  • Jersey atau Seragam Futsal 
Kaos atau jersey pada futsal warnanya boleh bebas asalkan pada kain pada lengan pakaian dalam harus sama warna dengan jersey yang dikenakannya. 
  • Celana Pendek 
Untuk kiper atau penjaga gawang, diperbolehkan menggunakan celana panjang. Tapi warna pada undershorts harus sama dengan celana jersey yang dikenakan. 
  • Kaos Kaki dan Sepatu Futsal 
Untuk kaos kaki, jika memutuskan untuk memakai pembalut kain atau sejenisnya di bagian luar kaus kaki. harus sama warnanya. Dan alas kaki atau sepatu biasanya terbuat dari kulit dan lembut, sejenis kanvas. Simak Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Bermain Futsal

Itulah tiga peraturan FIFA mengenai pertandingan Futsal yang baru saja diperbarui dan tentu diterapkan juga di Indonesia sebagai negara berafiliasi dengan mereka.

3 Peraturan Dasar Futsal Terbaru di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar