Terapkan Formasi Futsal Pilihan Agar Mudah Menang

Terapkan Formasi Futsal Pilihan Agar Mudah Menang

BERMAIN Futsal membutuhkan kemampuan dari segi teknik yang cukup tinggi. Pemain yang bermain di posisi mana pun itu harus sama rata kualitasnya berdasarkan keahliannya masing-masing.

Utamanya, skill individu ini yang dipadu secaraa kolektif dengan tujuan untuk lancarnya suatu formasi dan taktik strategi yang sebelumnya sudah terlatih baik dan terkonsep penuh.


"Teknik yang diterapkan dipadu strategi tertentu dalam mengimplementasikan serangkaian skenario pertandingan yang disebut juga Futsal Formation (Formasi Futsal)." 

Setiap pelatih dan dari tim mana pun itu selalu punya prinsip, karakter, dan pedoman taktik yang menjadi ciri khasnya masing-masing dan selalu diterapkan pada tim yang diasuhnya ketika menerapkan formasi dan strategi futsal. 

formasi futsal
Formasi Futsal

Pelatih menyusun seluruh skema yang diarahkan kepada para pemain saat bertanding yang tentu berdasarkan karakter, filosofi, ciri khas, dan keahlian dari masing-masing pemainnya yang dimiliki dalam tim. 

Mayoritas pelatih sebuah tim futsal mempertimbangkan dan memantau dahulu karakter tim yang akan dihadapinya sebelum bertanding. Disinilah kondisi dari tingkat kebugarann serta persiapan mental untuk bertanding para pemain yang jadi faktor utama dan harus diperhatikan pelatih ketika akan hadapi sebuah perlawanan. 

Karakter Pelatih Futsal Berbeda dan Pemain Harus Beradaptasi 

Setiap pelatih tentu berbeda filosofi tekniknya, jika yang sudah disebutkan diatas adalah pelatih yang memantau calon tim lawan demi mencocokan gaya permaiann. Ada pula yang terfokus pada persiapan formasi dan strategi timnya tanpa memperhatikan lawan yang akan dihadapinya. 

Dua karakter berbeda untuk pelatih, apalagi yang sering melakukan rotasi pemain dalam formasi yang dibuatnya. Maka dari itu disinilah peran penting seluruh pemain beradaptasi dengan gaya bermain dari manajer, tentunya selain skill individu yang dibutuhkan. 

Tentunya, kedua prinsip diatas bisa dikombinasi dengan karakter manajer yang menangani suatu tim. Dan satu hal yang pastii, baik pola, strategi dan formasi dapat berubah ketika tidak berjalan sesuai yang diterapkan. 

Beberapa Formasi Futsal Andalan 

Formasi bermain futsal bisa berubah bahkan ketika pertandingan masih berjalan, ada yang menyesuaikan keadaan pemain, ada juga yang mencocokan gaya bermain tim lawan. Disini tugas pemain tak boleh terpaku pada satu positioning. 

Simak pula: Meningkatkan Teknik dan Taktik Futsal

Pemain memang disarankan menguasai teknik bertahan dan menyerang dalam waktu singkat, formasi futsal berikut yang paling umum digunakan antara lain: 
  1. Formasi Futsal 2-2 
  2. Pivot 4-0 
  3. Dan formasi 3-1 atau 1-2-1. 
#1. Formasi Futsal 2-2 

Menurut Kibe, ini adalah formasi yang paling banyak digunakan dan dikenal sejak tahun 1950-an. Taktik dengan dua pemain bertahan dan dua penyerang cukup sederhana yang membuat pemain tak perlu banyak berpindah posisi terlalu sering. 


formasi 22
Tiga Formasi Pilihan

Dua pemain di posisi belakang membantu pertahanan dan dua pemain depan bertugas melakukan penyerangan terhadap tim lawan dan mencetak gol. Formasi ini juga lebih praktis dan statis, serta sering digunakan tim-tim futsal hebat saat mereka berlaga di pertandingan penting seperti final. 
  • Tips untuk Formasi 2-2: 
Dua pemain berposisi di area pertahanan bukan cuma bertugas bantu kiper mengamankan gawang tetapi juga bisa ikut membangun serangan dan putar permainan. Sementara 2 pemain striker bisa saling topang di area pertahanan team lawan.  

Formasi ini juga cukup ampuh ketika berhadapan dengan tim yang memiliki pertahanan notabene jauh lebih lemah. Serangan balik dan konstan juga efektif untuk mencetak goal. Di sisi lain, penguasaan bola menjadi hal yang harus diperhatikan di formasi tersebut.

Meskipun bermain dengan dua striker (penyerang) dan dua defender atau pemain bertahan, ketika bertanding strategi menyerang dan pertahanan harus dilakukan secara bersamaan. 

#2. Formasi Futsal 'Pivot' 4-0

Strategi ini diterapkan pada awalnya oleh tim futsal Eropa seperti negeri Matador. Mungkin ini adalah formasi yang penerapannya diadopsi dari sistem 1-2-1 atau 3-1. Yang membuatnya sedikit berbeda pada posisi penyerang tengah atau disebut dengan 'Pivot' bisa jelajahi di sisi kiri, kanan, tengah, dan penyerang bayangan. 

Pemain yang menempati posisi pivot bisa lakukan serangan ke daerah pertahanan lawan secara konstan dan dalam waktu singkat bisa pula bertahan dengan baik sehingga menutup kesempatan tim lawan menyerang. 
  • Tips Menggunakan Formasi Futsal 4-0: 
Beberapa tips berikut mungkin bisa dipertimbangkan ketika menerapkan formasi demikian, nantinya setiap pemain dari tim diharuskan melakukan teknik man-to-man marking, cukup efektif ketika melawan tim yang lebih kuat. 

Mudah dalam menutup pergerakan posisi pemain lawan ketika mereka mencoba untuk membangun sebuah serangan ke areal pertahanan tim kita. Bisa juga dilakukan serangan balik atau counter attack, setelah kita mendelay bola dan tempo pertandingan. 

Namun sayangnya, kadang-kadang formasi demikian bisa membuat pertandingan berjalan lebih monoton mungkin karna bola dikuasai beberapa pemain sementara rekan lain cuma bertugas lakukan penjagaan terhadap pemain lawan. 

Baca juga: Melatih Reflek Skill Kiper Futsal

#3. Formasi Futsal 3-1 

Dengan penerapan formasi 3-1 bisa memudahkan tim dalam membangun serangan bervariasi. Di depan seorang penjaga gawang terdapat satu pemain bertahan, didepannya dua midfielder sayap kanan dan kiri bertugas mengirim bola ke depan, serta satu penyerang pivot.


formasi 121
1-2-1 Formasi

Penguasaan bola adalah hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan formasi ini karenanya pergerakan pemain cukup penting apalagi saat mencoba variatif serangan. Di formasi 3-1 ini sang pivot lebih banyak lakukan operan kepada pemain di belakangnya. 

Dua pemain tengah dan satu bek mesti mengimbangi pergerakan pivot demi lakukan variasi serangan yang membuat bingung pertahanan lawan serta menciptakan peluang ketika ingin mencetak gol. Disinilah tugas pivot yang dibantu pemain tengah membuka pergerakan ke ruang kosong agar mudah menjaringkan bola ke gawang lawan. 

Terapkan Formasi Futsal Pilihan Agar Mudah Menang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar