Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Bermain Futsal

Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Bermain Futsal

STAMINA menjadi modal penting yang harus dijaga, apalagi untuk olahraga yang termasuk dalam kategori berat seperti sepakbola dan futsal, supaya tidak mudah capek maka stamina yang kuat dibutuhkan demi lancar dan tersusun baik jalannya pertandingan.

Skill hebat dan taktik keren juga akan pudar jika stamina drop, akibatnya fokus dan konsentrasi para pemain akan ikut hilang, sesuai pengalaman Kibe. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat lelah saat bermain futsal.

  1. Metode latihan lari yang baik 
  2. Mengatur pernafasan. 

Berolahraga dan Berlatih Lari 

Olahraga dengan teratur jadi pondasi utama meningkatkan stamina, karena dengan begitu kita secara langsung memompa tubuh dan perkuat jantung agar mendapatkan banyak oksigen yang masuk. 

kardio
Kardio
Nah, untuk menjaga stamina supaya tidak cepat lelah bagi pemain futsal bisa dicoba metode latihan kardio, atau berlari. Tips dan tahap berikut bisa dipraktikan ketika menjalankan kardio: 

1. Biasakan berlari-lari kecil seperti joging diikuti lari kencang sesaat setelahnya. Lakukan hal ini secara rutin, baik saat latihan maupun pemanasan sebelum bertanding futsal. 

2. Membuat target setiap berlatih kardio, sebagai contoh: pada tahap pertama biasakan lari 30 menit dalam beberapa minggu tingkatkan durasi latihan seperti 45 menit, dan seterusnya, dengan begitu tubuh jadi akan terbiasa juga tidak cepat lelah. 

3. Setelah melakukan kardio dengan rutin, lama kelamaan tubuh merespon positif dan jika berlari mulai terasa tidak berat lagi Anda bisa menambahkan menu lari sprint pada latihan kardio. Contoh, lakukan sprint setiap tiga menit dalam beberapa hari terus tingkatkan durasinya entah jadi 10 atau 20 menit. 

Anda bisa melakukannya dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, misal seminggu tiga kali sudah cukup. Cara ini efektif agar tidak mudah lelah, karena stamina akan terjaga. Fungsi lain dari kardio, bisa turunkan berat badan.

Baca juga Penerapan Formasi Futsal Pilihan

Mengatur Pernafasan 

Ada sedikit tambahan dari latihan kardio tadi, yakni pola pernafasan. Ketika berlari, usahakanlah bernafas dengan hidung bukan mulut. Dengan begitu menghindari terjadinya kram di kaki. 

Latihan lari juga bisa dibarengi dengan melatih pernafasan ketika berolahraga, yang terpenting adalah masuk dan keluar nafasnya dari hidung saat lakukan nafas panjang. Diikuti dengan nafas medium atau normal, sampai pada nafas pendek masuk dan keluar tetap dari hidung. 

futsal

Pada titik ini, ketika sudah cukup berat nafas yang lewat hidung, bisa keluarkan melalui mulut. Disarankan jangan bernafas masuk dan keluar lewat mulut terlalu sering karena bisa menyebabkan daya tahan tubuh drop dan kepala jadi pusing setelahnya. Simak juga Meningkatkan Teknik Bermain Futsal

Olahraga renang juga bisa dipertimbangkan dalam melatih pernafasan, manfaatnya bisa menambah kapasitas paru-paru menjadi lebih baik. Selain itu berenang juga dapat memperkuat beberapa otot pada tubuh yang terkait dengan pernafasan dan stamina. 

Lakukan Beragam Olahraga Rutin 

Pada futsal berlari adalah hal yang utama, namun diluar ketika sedang tidak bertanding, Anda bisa coba metode latihan lebih dari satu jenis olahraga. Misal, selepas futsal, latihan kardio, esoknya berenang, lusa latihan sprint. Dengan lakukan itu secara rutin dan diselingi peregangan otot-otot tubuh layaknya sebuah pemanasan. 

renang
Latih Stamina dengan Renang

Masih banyak cara-cara dan metode latihan supaya tidak mudah lelah ketika bermain futsal, contoh lain seperti berlatih lompat jongkok yang memperkuat daya tahan otot kaki. Dan olahraga tubuh bagian atas cukup penting. Simak Meningkatkan Skill Reflek Kiper Futsal

Futsal olahraga yang terbilang cepat, tidak seperti sepakbola 11. Maka tubuh bagian atas juga seringkali digunakan entah itu untuk meliuk-liuk ketika berhadapan dengan lawan, dan stamina pun dibutuhkan. Untuk latihan ini, bisa dicoba senam ringan namun rutin. 

Supaya Tidak Cepat Lelah Saat Bermain Futsal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar