Beberapa Teknik Dasar Terbaru yang Harus Dikuasai Kiper Futsal

Beberapa Teknik Dasar Terbaru yang Harus Dikuasai Kiper Futsal

SAMA seperti tugas penjaga gawang dalam olahraga sepakbola, kiper futsal juga harus mengamankan gawangnya dari bola yang masuk. Ada beberapa hal yang sedikit berbeda pada keeper futsal, yang mana berperan cukup besar dalam membuka serangan bagi sebuah tim.

Dalam hal merespon kondisi pertandingan, kiper futsal harus sama tanggapnya seperti pemain lain. Misalnya, jika sang kiper menguasai teknik menangkap bola yang baik maka dapat mudah mendistribusikan bola kepada rekan setimnya yang berbeda posisi dengan cepat atau yang biasa disebut counter-attack.

teknik kiper futsal


Beberapa teknik mendasar kiper futsal pun sama seperti yang dikuasai para penjaga gawang sepak bola pada umumnya, yakni mencakup:
  1. Menepis Bola 
  2. Teknik Menangkap Bola bawah dan atas

Teknik Menepis Bola untuk Kiper Futsal 

Ketika bola datang menyambar ke arah sang kiper biasanya cukup keras, terbilang sulit apalagi jika tendangannya dari arah dekat atau disebut near-post, maka mau tidak mau harus ditepis. Menepis bola bukan hanya bisa digunakan dengan tangan, badan dan kaki pun harus memiliki reflek bagus. 


Pada pertandingan futsal, mayoritas kiper lebih sering menepis atau blok tendangan yang datangnya cukup keras demi amankan gawang. Maka dari itu, faktor keberanian mesti diperhatikan setiap kiper serta perhitungan yang efektif saat menanggapi datangnya bola. 

Di sisi lain, seorang kiper harus benar-benar teliti ketika menentukan bola yang mengarah ke gawangnya lebih baik ditangkap atau ditepis/blok. Namun disarankan, jika ragu-ragu menepis adalah pilihan tepat demi menghindari terjadinya blunder dan menyebabkan kebobolan. 

Namun beberapa hal harus diperhatikan dalam menanggapi datangnya bola ke arah sang kiper, seperti bila ruang kecil, bola datang ke arah samping sudut gawang. Disini baik kaki, badan maupun tangan harus cepat tanggap menahan bola dengan menepisnya. 

Simak pula bagaimana caranya Meningkatkan Teknik dan Taktik Bermain Futsal.

Tapi bila tendang bola datangnya dari arah depan gawang maka kiper mesti bergerak lebih cepat melihat datangnya bola kemudian menutup ruang yang memungkinkan bola masuk dengan membuka kaki dan tangannya. 

Jika lawan menendang bola dengan keras, usahakan tepis bola dan mengarah ke permukaan lapangan. Jangan ditepis ke arah samping, untuk menghindari terjadinya bola liar atau rebound

Perhatikan  dan mungkin bisa lakukan hal berikut ketika memilih untuk menepis bola ke bawah lapangan: 
  1. Badan harus tegap, usahakan kedua kaki terbuka sejajar dengan bahu 
  2. Kedua telapak tangan buka dan posisikan di samping lutut
  3. Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola 
  4. Jika bola bergulir datar dan kencang, maka tugas kiper membuka kaki bagian dalam dan memblok tendangannya. 

Teknik Menangkap Bola untuk Kiper Futsal 

Ada setidaknya dua macam teknik dasar dalam menangkap bola untuk kiper futsal yang perlu dipahami yakni: 
  1. Tangkapan Bola Datar / Bawah. 
  2. Tangkapan Bola W / Sekliling. 
#1. Tangkapan bola datar atau bawah 

Jenis menangkap bola bawah adalah teknik tangkap bola yang datangnya searah pinggul. Dalam hal ini, kedua tangan posisinya di balik bola. Agar bola bisa tertangkap dengan baik, usahakan jari-jari Anda sigap. 

Dalam futsal, kiper disarankan bahkan wajib menggunakan teknik tangkapan bola bawah, terutama ketika tendangan lawan mengarah datar ke gawang. Dengan cara, sang penjaga gawang sedikit maju beberapa langkah menghampiri bola, dan posisi terbaiknya ketika tubuh Anda berada diantara bola dan gawang. 

Kedua telapak tangan pastikan menangkap bola dengan lekat, guna menghindari terjadinya blunder dan bola melolos ke gawang lewat sela kaki atau biasa disebut nutmeg. Selain itu juga mesti diperhatikam cepatnya bola yang menghampiri, semakin cepat bola reaksi Anda harus makin brilian. 

Tips menangkap bola bawah atau yang datangnya datar: 
  1. Posisi tubuh harus tegak dan siaga 
  2. Lebarkan kaki sejajar dengan bahu 
  3. Ketika sudah berada diantara bola dan gawang, sedikit bungkukan tubuh dan disini telepak tangan harus siap tangkap 
  4. Bola datang ke arah Anda, maka tutup ruang nutmeg pada kaki demi menghindari terjadinya bola rebound. 
#2. Tangkapan bola W atau atas 

Harus mengetahui terlebih dahulu datangnya arah bola ke gawang, jika bola meluncur deras searah pinggang maka pastikan Anda sedikit bergerak maju ke depan secara reflek tangkaplah bola yang menghampiri lalu usahakan peluk bola hingga pemain lawan menjauh agar tidak lepas dari genggaman dan menghindari terjadinya bola liar. 

Tips ketika akan menangkap bola atas: 
  1. Posisi kiper harus berada antara gawang dan bola 
  2. Buka atau lebarkan kedua kaki sejajar dengan bahu tangan 
  3. Badan agak sedikit membungkuk dan telapak tangan mengarah ke depan 
  4. Tangkap bola dengan sedikit pelukan tangan dan posisi tubuh sedikit mundur ke belakang agar kecepatan bola berkurang dan menghindari bola lepas. 
Sedikit tambahan, teknik dalam menangkap bola atas kekuatan cengkraman jemari tangan itu diperlukan. Tapi kalau bola mengarah diatas kepala lebih baik bola ditepis dengan teknik yang sudah dijelaskan diatas. Itulah teknik dasar yang harus dikuasai kiper futsal.

Beberapa Teknik Dasar Terbaru yang Harus Dikuasai Kiper Futsal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar