Cara Root dan Unroot HP Google Pixel dan Pixel XL Android Tanpa PC

Cara Root dan Unroot HP Google Pixel dan Pixel XL Android Tanpa PC

Bagi anda pengguna ponsel Google Pixel ataupun Pixel XL yang saat ini lagi naik daun, dan tentunya bagi anda yang suka mengoprek sistem Android, pastinya anda tidak mau ketinggalan untuk me-root ponsel Google Pixel / XL anda. Untuk saat ini saya tidak akan membahas apa itu root, apa itu unroot, apa efeknya, apa bahayanya. Intinya kalau anda sudah me-root ponsel Android berarti anda sudah paham, apa yang akan terjadi pada ponsel anda nantinya, sudah siap menanggung resikonya jika ponsel anda ada “kenapa kenapa”.

Tapi yang jelas, anda tidak usah takut dengan root ponsel Android, jangan dilebih lebihkan akan bahaya root ponsel Android, karena sebenarnya itu tidak seperti yang anda takutkan. Dan dari informasi yang saya dengar dari teman teman sesama pengguna Google Pixel dan Google Pixel XL ini bahwa root pada Pixel dan XL ini tidak akan menghilangkan garansi ponsel, jadi aman. Ini juga dibuktikan bahwa pada ponsel ini ada fitur untuk bisa mengaktifkan dan menonaktifkan Root Permission. Jika ponsel anda belum di-root, coba masuk ke Security >> Permission >> maka terdapat menu Root permission. Jika ponsel anda belum root maka menu ini tidak bisa diklik. Nanti kita lihat perbedaaannya setelah proses root Google Pixel & Pixel XL ini.

cara root dan unroot hp google pixel xl android tanpa pc komputer.jpg


Lagian jika anda sudah me-root ponsel Google Pixel atau Pixel XL, nantinya akan bisa dikembalikan seperti semula dengan cara meng-unroot HP Anda. Untuk itu akan saya berikan sedikit tutorial cara root Google Pixel dan Pixel XL dan juga cara unroot nya.

Cara root HP Google Pixel dan Pixel XL ini sebenarnya sama saja, dan bisa dilakukan tanpa PC/ komputer laptop. Fasilitas komputer sebenarnya hanya digunakan untuk mendownload file pendukung root, apabila ponsel anda tidak terhubung ke internet atau untuk mempercepat proses download. Cara root Google Pixel / XL ini sangat mudah, dan dari pengalaman saya tidak ada sedikitpun kendala, ponsel langsung rooted.

Sebelumnya syarat sebelum anda root Google Pixel ini adalah

- Baterai dalam keadaan cukup disarankan full.

– Mengaktifkan Developer options, caranya masuk ke Settings >> About phone >> tap (pencet 5x) pada Android version, maka Developer options akan otomatis aktif.

Kemudian langkah root maupun unroot Google Pixel dan XL adalah sebagai berikut.

1. Download bahan berikut

Root >> PIXEL ROOT.zip

Unroot >> PIXEL UNROOT.zip

2. Jika anda download langsung lewat ponsel Google Pixel maupun Pixel XL Anda, maka pindahkan file download update.zip tadi di luar folder Download. Sedangkan file UnRoot.zip sementara biarkan saja dulu.

Tapi jika anda download lewat PC/ komputer, silahkan colokkan ponsel anda ke komputer dan pindahkan file update.zip dari komputer ke internal memory ponsel.

3. Lepaskan sambungan dari komputer ke ponsel, kemudian masuk ke Recovery Mode, dengan cara matikan ponsel kemudian dalam kondisi mati tekan tombol volume up + tombol power, secara bersamaan. Atau bisa juga masuk ke Recovery Mode saat ponsel hidup, dengan cara masuk ke Settings >> Updater >> pencet tombol navigasi paling kiri (sebelah kiri tombol home) >> Reboot to Recovery mode.

4. Jika sudah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume up dan volume down untuk menggeser ke atas atau ke bawah, dan gunakan tombol power untuk memilih.

5. Pilih English >> Install update.zip to system >> YES. Tunggu sampai proses selesai, sebentar saja kok.

6. Jika proses sudah komplit, pilih Back >> Reboot >> Reboot to system

7. Setelah ponsel nyala lagi, masuk ke menu Security >> Permission >> klik Root permission untuk mengaktifkan akses root. Setelah ini berarti ponsel Google Pixel atau Pixel XL sudah berhasil di-root.

Sedangkan untuk proses unroot Google Pixel dan Pixel XL ini sebenarnya sama saja prosesnya pada saat root. Cara gampangnya adalah sebagai berikut.

1. Hapus file update.zip dari internal memory. Atau bisa juga pindahkan saja file update.zip ke folder mana terserah yang penting bukan di parent internal memory.

2. Pindahkan file UnRoot.zip yang sudah anda download tadi ke internal memory.

3. Rename file UnRoot.zip menjadi update.zip

4. Setelah ini masuk ke Recovery Mode, dan prosesnya sama seperti saat anda root. Hanya saja file update.zip nya tadi kan sudah diganti dengan UnRoot.zip yang telah direname.

Demikian cara mudah root dan unroot ponsel Google Pixel dan Pixel XL ini. Do with your own risk!



Tags: Cara Aman Root Ponsel Google Pixel dan Pixel XL, Cara Gampang Root Google Pixel dan Pixel XL tanpa laptop pc komputer, Cara Mengembalikan Root HP Android Google Pixel XL, Cara Mudah Root Google Pixel XL tanpa menggunakan komputer, Cara Unroot Google Pixel XL, Menghilangkan Root Google Pixel XL Tutorial Lengkap Root Google Pixel dan Pixel XL.

Cara Root dan Unroot HP Google Pixel dan Pixel XL Android Tanpa PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tony
Terima kasih sudah berkomentar